Batman Begins - Help Select

Thursday 24 November 2016

Pengertian dan Fungsi Layer OSI beserta contoh Soalnya.

Pengertian dan Fungsi Layer OSI beserta contoh Soalnya.

Masalah utama dalam komunikasi antar komputer dari vendor yang berbeda adalah karena mereka mengunakan protocol dan format data yang berbeda-beda. Untuk mengatasi ini, International Organization for Standardization (ISO) membuat suatu arsitektur komunikasi yang dikenal sebagai Open System Interconnection (OSI) model yang mendefinisikan standar untuk menghubungkan komputer-komputer dari vendor-vendor yang berbeda.

Model-OSI tersebut terbagi atas 7 layer, dan layer kedua juga memiliki sejumlah sub-layer (dibagi oleh Institute of Electrical and Electronic Engineers (IEEE)). Perhatikan tabel berikut:

7th – Layer : Application Services
6th – Layer : Presentation Services
5th – Layer : Session         Communications
4th – Layer : Transport         Communications
3rd – Layer : Network         Communications
2nd – Layer : Data-link         Physical connections
1st – Layer : Physical         Physical connections

layer-layer tersebut disusun sedemikian sehingga perubahan pada satu layer tidak membutuhkan perubahan pada layer lain. Layer teratas (5, 6 and 7) adalah lebih cerdas dibandingkan dengan layer yang lebih rendah; Layer Application dapat menangani protocol dan format data yang sama yang digunakan oleh layer lain, dan seterusnya. Jadi terdapat perbedaan yang besar antara layer Physical dan layer Application.

7 Model OSI LAYER
Tujuan utama penggunaan model OSI adalah untuk membantu desainer jaringan memahami fungsi dari tiap‐tiap layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data. Termasuk jenisjenis protoklol jaringan dan metode transmisi. Model dibagi menjadi 7 layer, dengan karakteristik dan fungsinya masing‐masing. Tiap layer harus dapat berkomunikasi dengan layer di atasnya maupun dibawahnya secara langsung melalui serentetan protokol dan standard.

Contoh Soal :

1. Layer yang menjadi  pusat dari mode-OSI dan juga Layer ini menyediakan transfer yang reliable dan transparan antara kedua titik akhir, layer ini juga menyediakan multiplexing, kendali aliran dan pemeriksaan error serta memperbaikinya, yang disebut layer diatas adalah … .
a.    Layer transport
b.    Layer Network
c.     Layer Data link
d.    Layer Sesi
2     2. Untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut sehingga dapat disusun kembali pada sisi tujuan setelah diterima, diatas adalah fungsi dari … .
a.     Layer Network
b.    Layer Data link
c.     Layer transport
d.    Semuanya salah
3.3.     Dibawah ini yang tidak termasuk protocols dari Layer Transport adalah … .
a.     SPX
b.     NWLink
c.       NetBIOS
d.      Advanced Cable Tester
   4.     Dibawah Aaadalah beberapa peran penting dan fungsi dati transport layer antara lain kecuali … .
a.     Komunikasi end-to-end logic
b.     NetBIOS
c.      Segmenting
d.     Reassembling data

   5.     Apa yang dimaksud dengan Reassembling data
a.     Setiap host bisa saja memiliki lebih dari 1 aplikasi yang memanfaatkan network untuk proses komunikasi. Setiap aplikasi tersebut bisa saja berkomunikasi dengan satu atau lebih aplikasi pada host lain.
b.     enkapsulasi dengan header yang berisi informasi-informasi layer transport seperti, nomor urut (sequence) dan juga port address pengirim dan penerima.
c.      Pada sisi penerima, transport layer memanfaatkan informasi yang ada pada header layer transport untuk menyusun ulang segmen-segmen data menjadi data yang utuh sebelum diberikan ke layer atas (application).

d.     Semuanya salah 



Nah itu sedikit penjelasan tentan Layer OSI dan contoh soalnya, untuk soal Selengkapnya Silahkan Download Disini

0 komentar:

Post a Comment

Recent Posts