Batman Begins - Help Select

Tuesday 27 September 2016

Pengertian dan Contoh Soal Data Link Layer dan Network Layer

Pengertian dan Contoh Soal Data Link Layer dan Network Layer

1. Data Link Layer

Data link layer jaringan komputer merupakan salah satu dari ketujuh macam layer atau lapisan yang terdapat pada OSI Reference Model For Open Networking. Dalam proses transmisi data yang terjadi, data link layer merupakan layer ke – 6 bagi transmitter atau pengirim data, dan merupakan layer kedua bagi receiver, atau mereka yang menerima data.

Data link layer sendiri pada dasarnya merupakan sebuah lapisan atau layer pada OSI Reference Model for Open Networking yang memiliki tugas utama untuk menyediakan sebuah prosedur pengiriman data antar jaringan. Jadi, dengan adanya data link layer ini, setiap paket data yang akan ditransmisikan ataupun akan diterima oleh user, akan diproses, sehingga memungkinkan untuk dilanjutkan ke layer berikutnya, yaitu layer network layer ataupun physical layer.
Sumber : http://dosenit.com/jaringan-komputer/teknologi-jaringan/data-link-layer-jaringan-komputer

2. Network layer 


    Network layer  adalah Lapisan tingkat tiga dari model OSI, lapisan ini mengatur penetapan alamat-alamat jaringan (alamat software) yang unik bagi perangkat-perangkat di dalam jaringan. Dan menyediakan suatu bentuk 'panduan'bagi data untuk berpindah dari satu titik ke titik yang lainya di dalam jaringan.
    Network layer berfungsi untuk pengendalian operasi subnet. Masalah desain yang penting adalah bagaimana caranya menentukan route pengiriman paket dari sumber ke tujuannya. Route dapat didasarkan pada table statik yang “dihubungkan ke” network. Route juga dapat ditentukan pada saat awal percakapan misalnya session terminal. Terakhir, route dapat juga sangat dinamik, dapat berbeda bagi setiap paketnya. Oleh karena itu, route pengiriman sebuah paket tergantung beban jaringan saat itu. Bila pada saat  yang sama dalam sebuah subnet terdapat terlalu banyak paket, maka ada kemungkinan paket-paket tersebut tiba pada saat yang bersamaan. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya bottleneck. Pengendalian kemacetan seperti itu juga merupakan tugas network layer.
Sumber : http://gunardisoft.blogspot.co.id/2012/02/network-layer_13.html

Nah, Selanjutnya yaitu contoh soalnya :

Berapa bit setiap karakter yang dikirimkan didalam Vertical Redundancy Check / VRC ...
a.       6
b.      7
c.       8
d.      9
2.      Ada berapa bit  MAC Address di IEEElapisan MAC48-bit addressing ...
a.       46
b.      58
c.       67
d.       48
3.      Berada pada layer network nomor IP diperlukan oleh perangkat lunak untuk mengidentifikasi komputer pada jaringan namun nomor identitas yang sebenarnya diatur oleh ..
a.       NIC  (Network Interface Card) 
b.      CAD (Card Auto Deface)
c.       DIM (Deface Internet Manager)

d.      WAN ( Wide Area Network)

Untuk Soal Selengkapnya Klik
Image result for download
Download Soal- Soal DataLink dan Network

0 komentar:

Post a Comment

Recent Posts